Pos Indonesia Hadirkan POS GIRO Mobile

Deputi Operasi dan Bisnis Regional 11 Papua dan Papua Barat I Wayan Sudana, bersama Kepala Kantor Pos Jayapura Alex Nitalessy dan Staf, ketika menyampaikan keterangan terkait kehadiran POS GIRO Mobile (PGM), untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan di Jayapura, Jumat (27/9). (foto: Ignas Doy)
banner 468x60

Oleh: Ignas Doy |

Papuainside.com, Jayapura— PT Pos Indonesia (Persero) menghadirkan POS GIRO Mobile (PGM), untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan atau konsumen setia.

banner 336x280

“PGM dihadirkan untuk mendukung pos bisnis. Dimana pelanggan dapat mengakses layanan giro pos dan layanan keuangan pos lainnya secara mobile,” ujar Deputi Operasi dan Bisnis Regional 11 Papua dan Papua Barat I Wayan Sudana, bersama Kepala Kantor Pos Jayapura Alex Nitalessy dan Staf, ketika menyampaikan keterangan di Jayapura, Jumat (27/9).

Sekadar diketahui, PT Pos Indonesia (Persero) dalam waktu dekat bakal meluncurkan  PGM di Jayapura dan Manokwari, Provinsi Papua Barat.

I Wayan Sudana mengatakan, melalui PGM ini pelanggan bisa melakukan transaksi rutin. Sekaligus memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Dikutip dari laman Posindonesia.co.id disebutkan bahwa PGM adalah platform digital berbasis rekening Giro Pos yang diberikan kepada  pemilik rekening Giro Pos, sehingga dapat mengakses layanan Giro Pos dan layanan keuangan pos lainnya secara mobile.

Layanan Giropos merupakan salah -satu layanan keuangan legacy selain Wesel Pos. Layanan ini sudah hadir dan melayani masyarakat sejak puluhan tahun yang lalu. Selain itu, Layanan Giro Pos digunakan juga untuk mendukung program-program pemerintah, berupa penyaluran dana ke berbagai wilayah di Indonesia.

Layanan ini kemudian didigitalisasi, direvitalisasi dengan menghadirkan teknologi yang setara dengan layanan perbankan.

“Kami Pos dan Giro membeli Core Banking System (CBS) untuk backbone layanan ini, dimana dengan teknologi ini akan mengintegrasikan layanan keuangan dan layanan Pos lainnya di Pos dalam 1 platform,” jelasnya.

Hadirnya PGM ditujukan untuk memudahkan bertransaksi. Pelanggan Kantor Pos diberikan kemudahan dan fasilitas layanan keuangan secara mobile yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja seperti layanan bill payment,  pembayaran berbagai tagihan listrik, PDAM, cicilan motor, mobil, BPJS, pembelian pulsa, token atau voucher. (kurang lebih 400 biller), pengiriman uang melalui layanan Wesel Pos Instan, pengelolaan keuangan melalui layanan Giro Pos (menyimpan dana di rekening Giro Pos), fasilitas Scan QR Code untuk pembayaran/pembelian via merchant/micro payment dengan basis Rekening Giro Pos.

“Itu keuntungan-keuntungan yang bisa didapat oleh pelanggan, disamping keuntungan – keuntungan lain dimana akan kita tambahkan dalam aplikasi ini kedepannya,” terangnya.

I Wayan Sudana menampik jika kehadiran PGM sebagai E-Wallet. Aplikasi ini hanya ditujukan untuk mendukung layanan-layanan yang ada di Kantor Pos. “Saya optimis, PGM mampu menarik sebanyak-banyaknya pelanggan di Papua dan Papua Barat, seiring dengan makin berkembangnya bisnis E-Commerce,” ucapnya. **

banner 336x280