Oleh: Ignas Doy| PAPUAInside.com, JAYAPURA—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura membuka pusat panggilan atau call center, untuk menerima pengaduan warga, terkait wabah coronavirus disease atau covid-19.
“Jika ada permasahan di masyarakat. Kalau mau bertanya, mau mengetahui perkembangan dan sosialisasi penanganan covid-19 bisa menghubungi call center di 082197837678,” ujar Kepala Dinkes Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari, di sela-sela sosialisasi antisipasi wabah covid-19, yang digelar manajemen Hotel Aston, Jayapura, Selasa (17/03/2020).
Ia mengatakan, petugas Dinkes Kota Jayapura menangani call center selama 24 jam.
Data dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua tercatat empat orang di Provinsi Papua kini masuk daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang tersebar di tiga kabupaten dan kota.
Keempat PDP kini dirawat di tiga rumah sakit, yakni RSUD Merauke dua orang, RSUD Biak dan RSUD Dok II Jayapura masing- masing 1 orang.
Bagikan Masker dan Antiseptik Gratis
Selain menyediakan call center, ujarnya, pihaknya juga menyediakan masker dan cairan antiseptik, yang dibagikan gratis di layanan kesehatan Puskesmas di seluruh kota Jayapura.
Menurutnya, Dinkes Kota Jayapura memiliki ketersediaan masker dan cairan antiseptik mencukupi. Hanya saja, masker diberikan kepada orang yang sakit saja.
“Jadi bisa menggunakan masker, etika ada batuk, pilek, deman. Itu dulu supaya masyarakat tak panik,” ujarnya.
Ia mengutarakan, masyarakat juga bisa menggunakan alternatif masker, yakni tisu, tapi setelah dipakai langsung dibuang di tempat yang telah disediakan.
‘’Kemudian bisa juga menggunakan sapu tangan. Sapu tangan setelah digunakan dicuci dan distrika dipakai lagi,’’ jelasnya.
Kemudian cuci tangan, ungkapnya, warga dianjurkan mencuci tangan dalam air mengalir menggunakan sabun.
Tapi bisa juga menggunakan alternatif cuci tangan, jika memang tak tersedia sabun bisa dibuat dengan cara mengunakan alkohol 70 persen gliserol 98 persen dan etanol 22 persen. **